Home » , , , , » Menu Buka Puasa - Resep Es Kelapa Muda

Menu Buka Puasa - Resep Es Kelapa Muda

Segelas es kelapa muda yang dicampur dengan kuah gula merah yang manis bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan saat berbuka puasa. Untuk membuat es kelapa muda yang segar, kita harus menggunakan Kelapa yang masih muda tentunya.

Untuk memilih kelapa yang masih muda, kita dapat dilihat dari bagian tangkai buahnya. Pilihlah tangkai kelapa muda yang masih segar dan lentur. Tangkai kelapa muda yang sudah layu menandakan kelapa tersebut sudah dipetik cukup lama dan bisa jadi sudah agak tua. Cara lainnya adalah dengan cara menepuk-nepuk pada bagian sabut kelapa. Kelapa yang masih segar dan muda akan menghasilkan suara yang berat jika ditepuk. Hal ini karenakan kandungan air kelapa yang masih cukup banyak. Sedangkan kelapa yang sudah agak tua akan menimbulkan bunyi yang lebih nyaring.

Buka Puasa, Dessert, Hari Raya, Minuman, Puasa, Es Kelapa Muda
Berikut cara membuat es kelapa muda:

Bahan-bahan
200 gr kelapa muda, serut memanjang
100 gr rumput laut
400 ml air kelapa muda
500 gr es serut
100 gr gula merah, serut, larutkan dengan air hangat

Cara membuat

Siapkan 5 buah gelas saji (atau tergantung jumlah yang diinginkan), susun kelapa muda, rumput laut dalam gelas.
Beri air kelapa muda, kemudian masukan es serut dan larutan gula merah.
Sajikan segera.

Agar es kelapa muda menjadi lebih asik, anda bisa menambahkan bahan lain yang anda sukai. Misalnya biji selasih, manisan kolang-kaling, cincau hitam, atau yang lainnya. Jika es kelapa muda akan langsung disajikan, anda bisa menggunakan es serut pada es kelapa muda anda, sehingga penampilan es kelapa muda anda lebih enak dilihat.

0 komentar:

Posting Komentar